Wednesday 20 November 2013

Foto Kompleks Makam Raja-Raja Binamu Jeneponto Sul-sel

Kompleks makam raja-raja binamu merupakan suatu komples pemakaman Bangsawan kerajaan Binamu di Kabupaten Jeneponto. Kompleks ini terletak di desa bontoramba sekitar 3 KM dari jalan poros Sul-Sel di kecamatan Tamalatea. Akses jalan menuju tempat ini  rusak dan sampai sekarang belu dilakukan perbaikan.
Kompleks ini mulai dikelola dan mengalami perbaikan mulai tahun 1981 dan pada 11 agustus 1984 diresmikan dan dijadikan situs budaya yang dilindungi. 

Di dalam kompleks ini terdapat 639 buah makam yang bervariasi bentuk dan besarnya. Makam-makam yang terdapat di dalm kompleks ini terbagi menjadi 3 jenis ukuran yaitu:

Ukuran besar 336 x 180 x 285 cm sampai dengan 235 x 160 x115 cm

Ukuran sedang 230 x 150 x 100 cm sampai dengan 150 x 90 x 50 cm

Ukuran kecil 157 x 80 x 45 cm sampai dengan yang terkecil

Sebagian Besar makam dibentuk dari papan batu disusun dua sampai empat Undakan, Dua hal yang sangat Menonjol pada kompleks makam ini, yaitu hiasan, pada jirat dan Nisan

Seni arsitektur bangunan makam di kompleks makam raja-raja binamu mempunyai ciri tersendiri. Ciri tersebut dapat dilihat pada bentuk nisan bangunan makam dan pola ragam hiasnya, Antara lain sebagai berikut:
Nisan Arca

Nisan arca ini berbentuk patung batu manusia yang duduk di atas kursi. Ada tiga patung arca sebenarnya di kompleks makam ini tapi dua patung arca dicuri pada tahun 2002 sehingga tinggal satu patung arca yang masih tersisa.

Nisan bentuk Sarkopallus

Nisan bentuk ini ditemukan pada makam yang berbentuk segi empat. Badan nisan berbentuk bulat dan bagian atas menyerupai topi bajah. Nisan ini melambangkan kekuatan atau kesuburan.

Nisan bentuk gadah (Lingga)

Nisan bentuk ini nisan yang paling banyak ditemukan di dalam kompleks makam raja-raja binamu. Bentuk gadah ini melambangkan kelaki-lakian. Bentuknya berupa segi empat pada bagian kaki, badan nisan berbentuk bulat dan bagian atas menyerupai kuncup bunga teratai

Nisan bentuk pipih (Yoni)

Bentuk nisan pipih menurut genetiknya adalah makam wanita. Nisan ini berbentuk papan pada bagian kaki dan makin ke atas makin melebar dan bagian pangkalnya berupa kuncup bunga.

Seni bangunan makam yang ada di dalam kompleks ini diklasifikasikan dalam beberapa bentuk


Makam yang dibuat dengan cara memasang empat buah papan batu yang kemudian dibentuk empat persegi panjang sehingga terbentuk kotak batu. Pada dinding sebelah utara dan selatan bagian atasnya dibentuk menyerupai gunungan.

Makam yang terbuat dari tiga buah batu utuh yang dilubangi. Ketiga batu tersebut disusun, batu yang besar diletakkan pada bagian kaki makam. Batu yang kedua bentuknya lebih kecil dari yang pertama dan batu yang ketiga juga lebih kecil dari batu yang kedua. Sisi utara dan selatan dibentuk menyerupai gunungan.

Bentuk makam yang sederhana adalah batu utuh yang dilubangi lalu diberi nisan sesuai dengan jenis kelaminnya. Bentuk makam semacam ini merupakan makam anak-anak yang ukurannya kecil.

Konon Makam ini Adalah makam Raja-raja Islam, dibuktikan dengan tulisan arab Serang pada salah satu nisan makam, akan tetapi hal itu diragukan oleh peneliti, bagaimana mungkin raja islam dipasang patung diatas makamnya, selain itu Usia batuan makam berbeda dengan Usia yang tertulis pada Nisan, sehingga beberapa peneliti berpendapat, tulisan menggunakan Huruf Arab serang pada Makam Raja-Raja Binamu adalah baru, Atau telah dipalsukan. Hingga sampai saat ini Peneliti hanya meneliti makam ini secara arkeologi, dan tidak berani meneliti sejarahnya.

Foto-Foto ini diambil Ketika Tour budaya yang dilaksanakan Mahasiswa Sejarah kebudayaan UIN Alauddin Makassar.




















patung  batu diatas Makam, Sedangkan yang berkaca mata dan berbaju kuning Bukan patung





0 komentar:

HTTPS://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html HTTPS://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html HTTPS://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html HTTPS://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html HTTPS://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html HTTPS://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html